Tempatnya download software | game | antivirus | utility | OS dan beberapa trik komputer untuk komputer anda

MENGENAL LEBIH DALAM POTENSI LOKAL YANG DIMILIKI BOJONEGORO

by Arif Subroto , at 06.28 , has 0 komentar
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Bojonegoro adalah salah satu dari beberapa kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, yang berbatasan dengan Kabupaten Tuban di sebelah utara, Kabupaten Lamongan di timur, Kabupaten Nganjuk, Madiun dan Ngawi di sebeleh selatan, serta Kabupaten blora di sebelah barat. Dengan berjalannya otonomi daerah di Indonesia, beberapa daerah mulai mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki,termasuk Bojonegoro. Bojonegoro memiliki banyak potensi unggulan yang bisa dikembangkan dan akan menjadi sumber mata pencarian utama penduduk di sekitarnya. Mulai dari industri makanan, industri kerajinan, wisata alam, pertanian dan perkebunan dan lain-lain. Berikut beberapa potensi yang dimiliki Bojonegoro :

1.Sumber  Daya Alam
 Sumur-Minyak-Tradisional-Bojonegoro
Kabupaten Bojonegoro adalah salah satu sumber deposit  minyak bumi dan gas alam terbesar di Indonesia. Tambang Minyak Bumi dan Gas Alam di Kabupaten Bojonegoro berlokasi di kecamatan Ngasem tepatnya di Desa Mojodelik, Brabohan, Wonorejo. Tambang Minyak Bumi dan Gas Alam dikelola secara tradisional dan mekanis. Penambangan tradisional dikelola oleh masyarakat dengan peralatan sederharna.

2.Industri Kerajinan
a. Bubut Kayu 
bubut-kayu-kasiman
Kerajinan bubut kayu telah lama ditekuni oleh masyarakat desa Batokan Kecamatan Kasiman yang letaknya pada ujung barat Kabupaten Bojonegoro. Kerajinan ini lebih banyak memanfaatkan limbah gergaji kayu jati. Produksi berupa barang-barang souvenir, ornamen dan aksesoris penghias rumah serta keperluan rumah tangga lainnya. Prospek pemasarannya telah menjangkau berbagai kota di luar Kabupaten Bojonegoro dan telah merambah ke pasar luar negeri (export).

b. Kerajinan Patung  Sapi
Kerajinan-patung-sapi-banaran
Kerajinan patung sapi dengan bahan baku dari hasil hutan (kayu jati) merupakan kerajinan yang memiliki keunikan dan spesifik, karena kerajinan ini diolah melalui tangan-tangan terampil yang penuh dengan kesabaran dan ketekunan. Sentra industri kerajinan patung sapi terdapat di desa Banaran Kecamatan Malo dan sekitarnya. Prospek pasar produk telah menjangkau kota-kota di Propinsi Jawa Timur dan propinsi lainnya serta ke luar negeri sebagai bahan souvenir.

c. Gerabah
GERABAH-MALO
Desa rendeng Kecamatan Malo yang berada di tepi bengawan solo, merupakan sentra industri gerabah dengan sumber bahan baku dari tanah liat. Produk utama berupa “celengan” (tempat menabung uang) dengan bentuk meniru bentuk binatang seperti macan, sapi, bebek dan bentuk lainnya yang unik.

d. Batu ONYX
kerajinan-batu-onyx-bojonegoro
Bojonegoro memiliki tambang batu onix yang melimpah sehingga berbagai produk kerajinan onix dapat dihasilkan dengan kualitas sangat memuaskan. Rekahan-rekahan yang mengandung batu ONYX yang berada di gunung kramat di desa Jari, kecamatan gondang dan sekitarnya. Penduduk setempat telah mengusahakan sebagai usaha kerajinan dengan produk berupa souvenir, ornamen penghias ruang  dan perabot rumah tangga dengan prospek pasar selain pasar lokal juga telah menjangkau pasar di luar Kabupaten Bojonegoro.

e. Batik Jonegoroan
Batik-Jonegoroan
Industri kerajinan batik yang terkenal di Kabupaten Bojonegoro yaitu motif batik Jonegoroan. Beberapa kecamatan yang menjadi sentra industri batik daerah tersebut antara lain di Kecamatan Sumberejo, Temayang, Dander, Purwosari, dan Kecamatan Kota Bojonegoro.

3.Wisata Alam
a. Tirtawana Dander
Tirtawana-Dander
Terletak di Desa/Kec. Dander dengan jarak tempuh sekitar 12 KM ke arah selatan kota Bojonegoro. keunggulan dari wisata ini yaitu tempat yang sangat luas dan dilengkapi dengan padang golf, wisata ini sangat cocok untuk anak-anak karena selain padang golf, disana juga terdapat berbagai macam permainan anak-anak, seperti taman bermain, kolam untuk mandi bola, kolam renang dan sungai yang sangat jernih dengan keadaan sekelilingnya yang sejuk dan tentu saja bebas dari polusi.

b.Kahyangan Api
kahyangan-api
Berlokasi di Desa Sendangharjo Kec. Ngasem dengan jarak tempuh sekitar 21 KM ke arah barat Kota. Kahyangan Api merupakan sumber api alam yang menyala sepanjang tahun. dan terletak pada posisi yang sangat strategis yaitu dikelilingi oleh hutan-hutan yang dilindungi dan bebas dari pencemaran polusi. selain sumber api abadi di kahyangan api juga terdapat mata air yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Anehnya air ini dari jauh berbau busuk tetapi setelah mendekat baunya itu hilang dan dari jauh air ini kelihatang seperti air mendidih tetapi kalau kita sudah mengambilnya maka air tersebut terasa dingin dan sejuk.
  
c.Waduk Pacal
Waduk-Pacal
Berlokasi di Kecamatan Temayang dengan jarak tempuh sekitar 36 KM  ke arah Selatan Kota, dengan fasilitas Wisata alam pegunungan perairan, memancing dan berperahu. Wisata ini menyuguhkan lingkungan alam yang sangat mempesona karena di kelilingi oleh bukit-bukit yang sangat indah.

4.Pertanian dan Perkebunan
a. Blimbing Ngringinrejo blimbing-ngringinrejo
Blimbing dengan berat 2 - 3 ons per buah dapat dijumpai di kebun buah desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Rasanya manis, segar dan harum, sangat tepat untuk hidangan penutup, rujak dan lain-lain.

b. Salak Wedi
salak-wedi
Salah satu industri agrobisnis yang berkembang pesat di daerah Bojonegoro yaitu potensi bisnis salak wedi. Salak tersebut dinamakan wedi sesuai dengan nama desa tempat asalnya, yaitu di Desa Wedi, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Salak Wedi rasanya manis, masir, renyah, segar dan besar. Yang dapat dijumpai di setiap pekarangan rumah penduduk di desa Wedi Kecamatan Kapas dan sekitarnya. Perbedaan Salak Wedi dengan salak lain, seperti Salak Pondoh, adalah kandungan air yang lebih banyak sehingga membuat Salak Wedi terasa lebih segar, hal inilah yang menjadikan salah wedi banyak diburu para konsumen sebagai buah tangan khas Bojonegoro.

c.Tembakau
tembakau
Bojonegoro adalah penghasil tembakau virginia terbesar di Indonesia dan telah lama dikenal sebagai tembakau terbaik di dunia. Selain tembakau virginia ada juga Tembakau Jawa yang ditanam petani secara konvensional hampir di wilayah Bojonegoro dan telah di eksport ke Jerman, Hongkong dan Brunai.

5.Industri Makanan
ledre
Tak kalah bersaing dengan industri unggulan lainnya, sektor usaha makanan juga memiliki daya tarik yang cukup kuat. Beberapa camilan asli Bojonegoro bahkan menjadi salah satu produk unggulan yang diminati para wisatawan lokal maupun internasional. Sebut saja seperti industri ledre, camilan berbahan baku pisang raja, tepung terigu, gula dan tepung beras ini, diolah menjadi adonan tipis kemudian digoreng dan digulung dengan panjang sekitar 20 cm. Ledre memiliki cita rasa unik dan tekstur yang cukup renyah, sehingga tidak heran bila banyak konsumen yang memburu camilan berbentuk semprong ini. Biasanya camilan ini dijual satu pack seharga Rp 4.000,00 berisi 10 semprong, atau dalam kemasan kaleng kecil berisi 5 pack plastik dengan harga Rp 15.000,00.

Besarnya potensi lokal yang di miliki Bojonegoro, memberikan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kondisi perekonomian di daerah setempat. Semoga dengan artikel ini dapat memotivasi masyarakat agar lebih kreatif dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Bojonegoro.

BOJONEGORO MATOH !!!
Arif Subroto
About
MENGENAL LEBIH DALAM POTENSI LOKAL YANG DIMILIKI BOJONEGORO - written by Arif Subroto , published at 06.28, categorized as Info Bojonegoro . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment

Note:
• Silahkan berkomentar sesuai dengan topik postingan di atas.
• Dilarang promosi, beriklan dan berkomentar yg tidak relevan.
• Dilarang menautkan link aktif di kalimat komentar.
• Komentar yang melanggar akan dimasukan ke folder SPAM.

Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger